0

Sambut Musim Liburan, 4 Objek Wisata Alam di Merapi Kembali Dibuka

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) mengumumkan pembukaan kembali empat objek wisata di kawasan TNGM pada 11 Juni 2018. Kendati demikian, untuk jalur pendakian dari jalur Selo maupun Sapuangin masih ditutup.

Pembukaan objek wisata tersebut berdasarkan surat edaran BTNGM bernomor SE.09/BTNGM/TU/Ren/06/2018 yang ditandatangani Kepala BTNGM Ammy Nurwati, menyebutkan bahwa merujuk rekomendasi BPPTKG perihal aktivitas Gunung Merapi pada tingkat waspada level II dan batas aktivitas penduduk pada radius 3 kilometer, serta memperhatikan lokasi objek wisata alam TNGM yang terletak di luar radius 3 kilometer dan memperhatikan libur Hari Raya Idul Fitri dan Cuti Bersama maka empat objek wisata di kawasan TNGM di buka kembali per tanggal 11 Juni 2018.

Adapun keempat objek wisata alam tersebut antara lain:
1. Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang, kab Sleman
2. Panguk dan Plunyon, Cangkringan, kab Sleman
3. Deles Indah, Kemalang, Kab Klaten
4. Jurangjero, Srumbung, Kab Magelang

Sementara untuk waktu kunjungan dari keempat objek wisata tersebut adalah pukul 08.00-15.00 WIB selama bulan puasa dan setelah lebaran 08.00-16.00 WIB. Sedangkan pada Hari Jumat (15/6) keempat objek wisata alam tersebut di tutup karena adanya Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

“Silakan berkunjung ke tempat wisata kami, dengan tetap memperhatikan ketentuan dari pihak pengelola ya! Mohon kenakan pakaian dan alas kaki yang aman dan nyaman ya, karena Anda berwisata di tempat terbuka. Sedangkan untuk pendakian Merapi baik via Selo maupun Sapuangin masih DITUTUP. Dan status Merapi saat ini masih Waspada,” ujar pihak Balai TN Gunung Merapi dalam akun resmi Instagram @btngunungmerapi, baru-baru ini. (MC/DC)