Kawah Ijen Keluarkan Gas Beracun

(dok Instagram/muh.ngainun_najib)

(Mounture.com) — Kawah Ijen yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengeluarkan gas beracun dan membuat sejumlah warga di lereng Gunung Ijen mengungsi, Rabu (21/3/2018) malam.

“Kejadian gas beracun dari Gunung Ijen tidak tahu pasti, ramainya sekitar pukul 21.00 WIB dan saya mengetahui setelah melihat banyak masyarakat yang tinggal di lereng gunung dibawa ke Puskesmas Kecamatan Ijen,” kata Jono, salah seorang warga Desa Sempol, Kecamatan Ijen , kabupaten Bondowoso seperti dilansir dari Antara.

Kepala Resor TWA Ijen (KSDA) Sigit Ariwibowo, membenarkan bahwa Gunung Ijen mengeluarkan gas beracun dan kejadian diperkirakan pukul 19.00 WIB (Ba’da Isya). “Kalau radiusnya belum bisa diprediksi , karena sebelum mengeluarkan gas beracun terjadi ledakan di Kawah Ijen dan asap mengikuti arah angin ke barat (Bondowoso),” ungkap dia.

Sementara itu akun instagram @isunbanyuwangi dalam postingan insta story, menjelaskan bahwa pendakian kawah ijen ditutup. “Bahwasanya mulai malam ini pendakian di kawah Ijen sementara waktu ditutup sampai pada waktu yang belum ditentukan bukanya kembali, dikarenakan adanya letusan gas beracun yang sangat berbahaya, terima kasih petugas: P.Sigit &P.Rusdi 21 Maret 2018, 22.50 WIB,” terangnya. (MC/DC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.