0

Bingung Pilih Mobil Bekas atau Baru? Ini Pertimbangannya

  • 20 November 2019 13:42

(Mounture.com) — Menjelang libur akhir tahun, pastinya kalian sudah mempersiapkan segala hal untuk liburan di luar kota dengan keluarga. Salah satu yang dipersiapkan adalah membeli mobil untuk berlibur bersama keluarga. Ada 2 opsi pembelian mobil yaitu beli baru atau beli bekas.

Kendati demikian dari opsi tersebut pastinya akan menimbulkan dilema dalam memilih mana yang harus dilakukan. Tapi, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketentuan. Sebab, tidak ada yang lebih baik di seluruh kategori mengingat sifatnya relatif.

Mobil bekas punya keunggulan yang tidak dimiliki mobil baru, sedangkan mobil baru juga punya keunggulan yang tidak dimiliki mobil lama. Nah, supaya kalian lebih awas dalam mengambil keputusan, coba perhatikan empat poin di bawah ini seperti dilansir dari laman Daihatsu Indonesia.

1. Kemudahan pembelian

Dari segi pembelian, mobil baru lebih unggul. Apalagi jika kartu kredit kalian sehat. Sebab, selain bunganya lebih kecil, kalian akan mendapatkan insentif tunai dan potongan harga. Artinya, pengeluaranmu akan lebih hemat. Bahkan, jika beruntung, insentifnya bisa jauh lebih besar.

Sebaliknya, membeli mobil bekas dengan tukar tambah, kredit, atau cash biasanya lebih boros dari seharusnya.

2. Harga mobil terus berkurang

Nilai harga mobil terus berkurang, kalian harus siap dengan konsekuensi harga mobil yang akan terus berkurang. Secara perlahan, nilai harga mobil sebenarnya akan terus berkurang terhitung sejak tanggal pembelian.

Taruhlah kalian menghabiskan dana Rp100 juta, lewat seminggu saja uang itu tidak akan kembali utuh. Apalagi setahun, sebab mobil bukan wadah investasi. Hukum ini berpengaruh sangat besar terhadap mobil baru, tapi kecil terhadap mobil bekas.

3. Ketahanan komponen

Ketahanan komponen dan onderdil mobil baru tentu lebih segar dan bandel, sedangkan mobil bekas mudah rewel. Selain itu, mobil baru dilengkapi dengan garansi hingga 3-5 tahun dan gratis check-up di bengkel resmi. Untuk membeli mobil bekas, kalian setidaknya harus apik dan paham mekanik. Sebab, membeli mobil bekas seperti sedang berjudi, kadang beruntung kadang sial.

4. Durasi reparasi mobil

Durasi reparasi mobil bekas jika sudah rusak, durasi reparasinya biasanya lebih lama. Bisa sehari sampai seminggu. Mungkin karena komponennya rentan. Jadi harus hati-hati. Tapi, hal itu juga berlaku bagi mobil baru, meski tidak semuanya. Sebagai penawar, beberapa perusahaan ada yang mengeluarkan kebijakan mobil pinjaman lain ketika mobilmu sedang diperbaiki. (MC/PC)