5 Objek Wisata di Bogor Wajib Dikunjungi

(Mounture.com) — Bogor yang dikenal dengan sebutan kota hujan merupakan salah satu kota yang memiliki banyak objek wisata untuk dikunjungi ketika berlibur di akhir pekan.

Terlebih lagi, jarak Kota Bogor dengan Ibukota Jakarta cukup dekat, jadi sangat disayangkan untuk tidak mengeksplor kota ini. Berikut ini 5 objek wisata di Bogor yang wajib dikunjungi ketika mencari tempat liburan yang tidak jauh dari Jakarta, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Istana Bogor

Istana Bogor menjadi tempat wisata di Bogor yang paling diminati oleh warga Bogor dan juga para wisatawan di akhir pekan. Kendati tidak diperbolehkan untuk memasuki bagian dalamnya tanpa ijin dari Sekretaris Negara atau Kepala Rumah Tangga Kepresidenan, kalian masih bisa berjalan-jalan di sekelilingnya.

Bangunan yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda ini memiliki beragam koleksi barang seni antik di dalamnya. Karya-karya pelukis ternama seperti Basuki Abdullah, Makowski, dan Ernest Dezentje turut menghiasi dinding-dinding istana. Keramik yang menghiasi lantai istana berasal dari Perdana Menteri Rusia Khrushchev dan menjadi perbendaharan keramik yang paling prestisius.

Lokasi Istana Bogor hanya berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun Besar Bogor. Kalian bisa menuju ke lokasi dengan berjalan kaki. Menariknya, disini, kalian bisa memberi makan rusa-rusa mulai pagi hingga petang sembari menikmati megahnya bangunan Istana.

2. Kebun Raya Bogor

Berlokasi tepat di belakang Istana Bogor, Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata kedua pilihan warga dan para wisatawan. Kebun ini menawarkan lebih dari 15 ribu jenis flora di dalamnya, termasuk Griya Anggrek yang berisi berbagai jenis bunga anggrek. Bahkan, Anda juga bisa melihat secara langsung flora terbesar asal Sumatera, Bunga Rafflesia arnoldi.

Ada banyak spot menarik di dalam Kebun Raya Bogor ini, seperti makam tua belanda dan Taman Astrid yang sangat cantik. Harga tiket masuk yang diberlakukan untuk wisatawan domestik adalah sebesar Rp15.000, sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp25.000 per orang. Kalian bisa menjelajahi Kebun Raya Bogor mulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

3. Gunung Pancar

Gunung Pancar menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang cocok bagi kalian yang menyukai ketenangan dan berinteraksi dengan alam. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di lokasi ini, kalian akan disuguhkan udara segar pegunungan dan pemandangan alam yang menakjubkan. Belum lagi beragam flora dan fauna yang hidup di sekitarnya.

Tidak hanya sekedar sebagai tempat berkemah, Gunung Pancar juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain seperti outbond hingga foto pre-wedding. Aktivitas malam hari seperti api unggun dan pesta barbekyu pun sering diadakan di sini.

Untuk bisa menuju kesini, kalian yang berangkat dari Jakarta bisa melalui Tol Jagorawi, lalu keluar melalui exit Sentul City. Setelah itu, kalian akan menemui petunjuk arah untuk menuju ke Babakan Madang hingga ke Gunung Pancar.

Tiket masuk ke Gunung Pancar adalah sebesar Rp5.000 per orang di hari kerja dan Rp7.500 di hari libur. Jika kalian ingin berkemah, melakukan foto pre-wedding, atau menyewa lahan untuk kegiatan outbond, kalian akan dikenai biaya tambahan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan di sana.

4. Taman Safari

Siapa tak kenal dengan Taman Safari, taman aneka satwa yang berlokasi di kawasan Puncak ini menyuguhkan pengalaman menjelajah alam liar yang tak terlupakan dengan dua program unggulan mereka, Safari Siang dan Safari Malam.

Ada tujuh area yang bisa dikunjungi di Taman Safari, mulai dari Baby Zoo, Kubah Burung, Taman Buaya, Komodo Exhibits, Pinguin House, Primata Center, dan Lorong Reptile. Kalian juga bisa berfoto bersama bayi harimau dan bersafari dengan menunggang gajah. Selain itu, kalian juga bisa menikmati lebih dari 20 wahana permainan dan 9 pertunjukan.

Tiket masuk ke Taman safari dibanderol dengan harga Rp140.000 untuk anak, dan Rp150.000 untuk dewasa. Khusus wisatawan asing, tiket masuk anak adalah sebesar Rp250.000 dan untuk dewasa sebesar Rp300.000. Di sekitar kawasan Taman Safari terdapat banyak hotel dan penginapan dengan harga yang terjangkau.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau TNGGP adalah salah satu Taman Nasional tertua di Indonesia. Luas taman ini mencapai lebih dari 20 ribu hektar, dengan cakupan wilayah Gunung Gede dan Gunung pangrango, juga hutan yang mengelilinginya. Ada banyak lokasi menarik di sekitar taman ini, seperti Curug Cibeureum, Telaga Biru, hingga Alun-Alun Surya Kencana.

Selain itu, di kawasan ini juga ada jembatan gantung atau Suspension Bridge yang belum lama ini baru dibuka untuk umum. Taman ini dibuka mulai pukul 08.30–16.00 setiap hari kerja dan hingga pukul 15.00 WIB di akhir pekan.

Untuk menuju TNGGP dari Jakarta, kalian bisa melalui Tol Jagorawi, lalu keluar di Pintu Tol Ciawi, selanjutnya ambil rute Puncak-Bandung. Di Pintu Gerbang Wisata Cibodas, kalian akan dikenai tarif Rp1.000 per orang. (MC/DC)

Foto: Dok. Bogor.net