0

Semarak Festival Budaya Paniis Ngahiji

  • 19 Februari 2019 08:10

(Mounture.com) — Paniis sebagai salah satu desa penyangga Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara kebudayaan bertajuk ‘Festival Budaya Paniis Ngahiji’, Minggu (17/2).

Pagelaran ini sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat air yang melimpah melalui gunung Ciremai. Inti acara ini yakni doa bersama di hulu “cai” Cipaniis. Kemudian berlanjut dengan penampilan tarian dan karnaval seni budaya Sunda.

Kegiatan ini merupakan partisipasi masyarakat desa Paniis bersama pemerintah daerah Kuningan dan instansi lainnya, seniman dari Cirebon serta masyarakat desa Paniis. Festival Budaya Paniis Ngahiji berlangsung meriah. Festival yang berpusat di lapangan desa Paniis, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat ini melibatkan ratusan seniman dan ribuan masyarakat yang hadir menunjukan partisipasinya.

Acara ini menyuguhkan perpaduan antara unsur alam dan budaya. Terutama pada saat pembukaan festival dan penyambutan tamu yang disambut dengan ala Sunda serta iringan gamelan. Festival ini diramaikan dengan berbagai kegiatan, mulai dari kuliner, seni dan budaya, saresehan tentang air dan oksigen dari gunung Ciremai, pesta obor dan masih banyak lagi. (MC/RL)

Sumber dan Foto: tngciremai.com