Sekilas Tentang Gunung Tolangi Balease

(Mounture.com) — Gunung Tolangi Balease yang terletak di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian yang berat dan menantang.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.016 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki jalur pendakian dengan jalur tanjakan yang panjang dengan medan yang sulit juga sumber air yang minim. Gunung ini memiliki 7 pos pendakian dan akan menjumpai hutan lumut.

Untuk mendaki ke gunung ini, awal titik pendakian dimulai dari sekitar 100 mdpl. Adapun waktu tempuh normal yang diperlukan untuk pendakian di gunung ini sekira 9-10 hari pulang pergi, sehingga diharapkan para pendaki harus mempersiapkan fisik dan mentalnya.

Gunung Tolangi Balease merupakan hamparan pegunungan yang sangat luas dan bentangannya mencakup 6 kabupaten sampai di perbatasan Sulawesi Tengah yang juga masih termasuk dalam jajaran pegunungan Quarless. Gunung ini memiliki 2 titik ketinggian yaitu Puncak Tolangi 3.016 mdpl dan Puncak Balease 2.984 mdpl. (MC/DC)

Foto: Instagram/@andiarumislami21