Sekilas Tentang Gunung Karangetang

(Mounture.com) — Kepulauan Siau yang terletak di Sulawesi Utara selalu identik dengan gunung Karangetang. Gunung api aktif itu adalah ikon Pulau Siau yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Puncak dari Gunung Api Karangetang memiliki tinggi 1.820 meter di atas permukaan laut (mdpl). Mesti tidak setinggi gunung-gunung di Jawa, namun gunung ini ‘tak pernah tidur’, kawahnya selalu memancarkan pijar lahar yang menyala. Pasalnya, gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia.

Kendati menjadi gunung berapi teraktif, namun bukannya takut tetapi bagi penduduk Siau, letusan Karangetang dianggap berkah. Pasalnya material vulkanik yang dimuntahkan kawah Karangetang diyakini sebagai salah satu penyubur tanaman pala. Siau masih tersohor dengan kualitas pala nomor satu di dunia.

Saat ini tingkat aktivitas Gunung Api Karangetang, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, masih dalam status Level II Waspada. Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas pada radius 1,5 kilometer dari kawah aktif. Sebagai catatan, hampir setengah penduduk Pulau Siau bermukim di Kaki Gunung Karangetang. (MC/DC)

Foto: Instagram/@karangdu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.