0

Patuhi Lima Aturan Ini Saat Akan Mendaki Tambora

  • 6 Agustus 2018 08:44

(Mounture.com) — Gunung Tambora yang terletak di dua Kabupaten yaitu Dompu dan Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki jalur pendakian yang biasa dilalui yakni melalui Desa Pancasila. Melalui jalur tersebut, pendaki pun diminta untuk menaati peraturan dan larangan-larangan yang telah ditetapkan baik oleh pengelola maupun masyarakat sekitar.

Berikut ini lima aturan yang harus dipatuhi ketika akan melakukan pendakian ke Gunung Tambora via Desa Pancasila, seperti dituliskan akun Instagram @naka_azriel dalam keterangan fotonya, belum lama ini.

1. Tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan di malam hari. Hal ini dikarenakan banyak jalur bercabang dan juga di kawasan tersebut memiliki komunitas ular yang cukup besar di hutan yakni ular hijau yang biasa ada di ranting pohon dan ular Phyton.

2. Jalur pendakian Gunung Tambora cukup panjang kurang lebih 64 kilometer (pulang-pergi). Maka dari itu, persiapkan fisik dan mental sebelum melakukan pendakian.

3. Jalur hutan masih rapat, asri, alami. Jadi mohon untuk menjaga dan tidak merusak ataupun mengotori, pastikan juga membawa kembali sampah untuk turun.

4. Untuk melakukan pendakian ke Gunung Tambora, minimal adalah dua orang, jangan sampai sendirian.

5. Untuk ketersediaan mata air bersih ada di Pos 2 dan Pos 3. Dan seminggu yang lalu sudah dibangun shelter baru di pos 1, 2 dan 3 untuk istirahat. Mohon bagi calon pengunjung untuk membantu menjaga keasrian Gunung ini. (MC/DC)

Foto: Instagram/@naka_azriel