Simak Informasi ini Jika Mau Ke Bukit Raya

(dok. Instagram/@rifkymaulanaaaa)

(Mounture.com) — Bagi kalian yang ingin melakukan pendakian ke gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah ada baiknya mempersiapkan segala hal dari jauh-jauh hari. Pasalnya, gunung yang masuk kedalam tujuh puncak tertinggi di Indonesia (seven summit) ini memiliki akses yang terbilang sulit.

Berikut ini informasi yang dihimpun mounture.com dari akun Instagram @rifkymaulanaaaa mengenai persiapan ke Gunung Bukit Raya,

1. Silahkan hubungi Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya atas nama Ibu Ivon di nomor ponsel 0852-8386-2785 (sms/whatsaap) untuk urus Simaksi dan kuota pendakian di tanggal yang akan kalian datangi. Dengan catatan, maksimal pendakian adalah 8 orang per hari.

2. Disarankan untuk mengurus Simaksi H-30, supaya lebih mudah dan pada hari H kalian tinggal ambil simaksinya di kantor seksi Nanga Pinoh dan disarankan juga datang sebelum H-1.

3. Pesan Speedboat dan kapal klotok jauh-jauh hari. Adapun nomor kontak yang bisa dihubungi untuk memesan speedboat dan kapal klotok adalah Kontak Person Speedboat Nanga Pinoh – Serawai (Bang Udin Motoris 0821-5620-8466), dan kontak person Kapal Klotok Serawai – Rantau Malam (Bang Jono 0812-5891-8655).

4. Diusahakan sampai Pontianak pagi hari, hal ini dilakukan agar kalian bisa istirahat dulu di Pol Damri di Jl. Pahlawan sekalian membeli logistik dan gas disini, selain itu kalian dapat beli tiket bus Damri jurusan Nanga Pinoh yang jadwal keberangkatannya hanya 2x sehari yaitu jam 08.00 WITA dan 19.00 WITA.

Adapun waktu paling ideal untuk naik bus Damri adalah jam 19.00 WITA, supaya dikeesokan harinya bisa langsung ke Rantau Malam.

5. Sesampainya di Terminal Pinoh, kalian bisa naik ojek lalu turun di Pelabuhan Nanga Pinoh. Setelah itu kalian naik speed boat kurang lebih 4 jam untuk menuju Serawai dilanjutkan naik klotok selama 4 jam (tergantung debit air).

6. Sesampainya di Desa Rantau Malam, kalian akan disambut dengan baik oleh masyarakat setempat dan akan diarahkan menuju homestay (Pengurus homestay Danum Sorio, Ibu Oktavia).

7. Sesampai di Homestay, lakukanlah bersih-bersih untuk selanjutnya kalian akan melakukan ritual ngukuih hajat 2x yang dilakukan saat berangkat dan pulang oleh bapak adat setempat (Potong Ayam).

8. Porter yang bertugas udah ditentukan oleh kelompok porter MO Three yaitu tamu 1-2 orang (1 Porter), 3-5 Orang (2 Porter) dan 6-8 orang (3 Porter).

9. Keesokan harinya kalian akan naik klotok sampai Jembatan Putus, lalu dilanjutkan naik ojek selama 20-30 menit atau jalan kaki menuju Korong HP sekitar 2-3 jam perjalanan.

10. Pendakian normal atau santai dapat ditempuh dengan estimasi waktu 6 hari 5 malam.

11. Tempat camp biasanya berada di dekat sumber air, camp ideal di Gunung Bukit Raya adalah di Sungai Mangan, Hulu Rabang, Pos Linang, setelah itu dilanjutkan Summit Attack

12. Kalian diharapkan menggunakan pakaian tertutup rapat dan menggunakan kaos kaki sepakbola serta membawa ramuan tembakau dan sejenisnya. Pasalnya, di gunung ini jumlah pacet tak terhingga.

13. Dimana pun kalian berada, hargai setiap adat istiadat, wilayah dan tetap selalu menjaga lingkungan. (MC/DC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.