0

Videonya Viral, Pelaku Vandalisme Akhirnya Mengaku Salah dan Minta Maaf

  • 6 Juli 2018 20:41

(Mounture.com) — Setelah video terkait seorang pendaki melakukan vandalisme di Gunung Kerinci viral di media sosial. Pelaku pencoretan batu tersebut akhirnya mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

Dalam foto surat pernyataan yang beredar di lini masa Instagram, terungkap pemilik akun Instagram @nizam_cihuy memberikan pernyataan terkait pengakuan bersalahnya atas apa yang dia lakukan di Gunung Kerinci dan berjanji akan menghapus coretan tersebut.

Surat pernyataan pengakuan bersalah dan minta maaf pelaku vandalisme di Gunung Kerinci (IST)

Sebelumnya, beredar video terkait aksi pencoretan di Tugu Yuda, Gunung Kerinci yang dilakukan seorang pendaki yang menuliskan kata “NOVIA” di atas batu. Sontak warganet berkomentar keras atas apa yang dilakukan pendaki tersebut.

Bahkan, pelaku yang terindikasi memiliki akun Instagram @nizam_cihuy ini mengaku tidak bersalah dan senang atas tindakan vandalisme yang dilakukan. Hal tersebut pula yang menjadi pemantik kemarahan warganet.

Seperti diberitakan dari detikcom, bahwa sekira tujuh orang pendaki melakukan pendakian ke Gunung Kerinci dan salah seorang anggotanya melakukan vandalisme.

“Infonya mereka bertujuh dan berasal dari Desa Koto Petai, kejadiannya Minggu 1 juli saat turun dari Puncak Gunung Kerinci. Para pendaki ini merupakan pendaki baru,” ucap Hamzah, pegawai kehumasan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) seperti dikutip dari detikcom.

Selain pendaki baru, kata Hamzah, pendaki ini tidak mengetahui aturan tentang mendaki gunung. Pihak BBTNKS langsung memberi pengarahan. “Mereka mengaku tak mengetahui aturan dan etika pecinta alam dan pendaki gunung. Kami sudah melakukan pengarahan dari BBTNKS bersama mitra kami dari UNDP dan KPA Kerinci,” jelas Hamzah. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/IST