0

Video: Detik-detik Gunung Merapi Meletus

(Mounture.com) — Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl) kembali mengalami erupsi pada Jumat (1/6). Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini mengeluarkan asap tebal disertai dengan gemuruh.

Bahkan gunung ini ditetapkan dalam status Waspada (level II) dan masyarakat yang berada di radius 3 kilometer untuk menjauh dari lokasi.

Kendati demikian, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta belum melihat aktivitas magma Gunung Merapi. Meskipun sejumlah letusan freatik disertai gempa sempat terjadi. Kegempaan berada di lokasi dangkal.

Kepala Seksi Merapi BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso menjelaskan bahwa letusan freatik terjadi mendadak dan disertai gempa dangkal. “Letusan yang terjadi mendadak bukan magmatik. Ada kontak dengan air atau tidak, dari sisi mekanisme, memang ada yang menjelaskan adanya kontak dengan air tanahnya,” katanya di Yogyakarta, baru-baru ini.

Berikut ini video detik-detik letusan merapi yang terjadi pada 1 Juni 2018 pukul 8.20 WIB yang terekam dari CCTV Induk Balerante. (MC/DC)

Video: dok Instagram/@merapiupdate