TNGM Keluarkan Surat Edaran Terkait Pergerakan Satwa dari Gunung Merapi

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengeluarkan surat edaran terkait pergerakan satwa dari kawasan TN Gunung Merapi, Selasa (22/5/2018). Dalam surat edaran tersebut, TNGM memberikan 4 poin terkait satwa yang ada di kawasan.

Surat edaran bernomor SE.05/BTNGM/TU/KONS/05/2018 tentang Penyikapan Terhadap Aktifitas Pergerakan Satwa dari Taman Nasional Gunung Merapi ini ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Ammy Nurwati.

Adapun 4 poin yang disampaikan dalam surat edaran tersebut antara lain:

1. Taman Nasional Gunung Merapi merupakan tempat hidup atau habitat bagi satwa dan tumbuhan yang dilindungi
2. Adanya peningkatan aktifitas Gunung Merapi, dimungkinkan dapat menyebabkan pergerakan satwa dari dalam kawasan TN Gunung Merapi menuju ke lokasi-lokasi yang dianggap aman bagi satwa
3. Pergerakan satwa dimungkinkan melalui permukiman, sawah, kebun, sungai dan jalan yang merupakan tempat aktifitas masyarakat
4. Berkenaan hal tersebut, kami menghimbau kepada masyarakat sekitar kawasan TN Gunung Merapi apabila menjumpai pergerakan satwa yang diduga dari kawasan TN Gunung Merapi agar dapat menyikapi dengan bijaksana.

Tak hanya 4 poin tersebut, Pihak TNGM dalam surat edaran juga memberikan catatan agar memberikan informasi kepada pihak TNGM jika ada info tentang pergerakan satwa keluar dari kawasan TN Gunung Merapi, melalui call center TN G.Merapi 081327691368. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/@btngunungmerapi