0

TNGC Terima Satwa Dilindungi dari Warga

  • 29 Mei 2018 13:37

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menerima penyerahan satu ekor satwa liar yang dilindungi, jenis trenggiling (Manis javanica) dari seorang warga dari Desa Kramat Mulya Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Adapun satwa yang dilindungi tersebut diserahkan kepada Kepala Satuan Tugas Polisi Kehutanan TNGC, Syarifudin, Senin (21/5).

“Trenggiling itu ditemukan secara tidak sengaja di pekarangan rumah temannya pada Minggu (20/5) pukul 22.00 WIB,” kata Asep, warga yang menyerahkan trenggiling ke TNGC, baru-baru ini.

Setelah menerima, pihak TNGC akan kembali menyerahkannya trenggiling tersebut kepada Balai Besar KSDA Jawa Barat untuk proses lebih lanjut.

“Penyerahan satwa liar secara sukarela ini menunjukkan bahwa mulai tumbuh kesadaran masyarakat terhadap pelestarian satwa liar. Serta pemahaman yang baik bahwa satwa liar lebih baik hidup di alam untuk menjalankan fungsinya, daripada hidup di kandang piaraan yang tanpa makna,” kata pihak TNGC seperti dikutip dari laman resmi, baru-baru ini. (MC/DC)

Foto: Balai TN Gunung Ciremai