0

TN Gunung Ciremai Masih Upayakan Pemadam Api

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) masih terus berupaya untuk melakukan pemadaman api akibat kebakaran hutan yang melanda kawasan tersebut. Tim gabungan pun dikerahkan untuk melakukan pemadaman yang terdiri dari 87 orang.

Personil tersebut disebar ke beberapa wilayah/blok seperti Tim MPA Pasawahan dan MPGC Bukit Kahiyang masuk dari arah Cikajayaan untuk menyisir Blok Gibug, Tim MPA Padabeunghar dan MPGC Batu Luhur masuk ke Blok Panjak Roma, Tim MPA Pasawahan masuk dari Blok Lebak Reundeu, Tim Polres Kuningan masuk ke arah Pangguyangan, Tim Polisi Kehutanan TNGC masuk ke Blok Karang Saninten dan Blok Panyusupan, Tim terakhir Polisi Kehutanan TNGC masuk ke Blok Batu Arca untuk membersihkan jalan sekaligus membuat sekat bakar.

Kondisi angin kencang dengan lidah api mencapai 8 meter sampai 12 meter menjadikan api terus melaju melewati sekat bakar yang telah dibuat selebar 8 meter. Lokasi yang sudah terbakar sampi saat ini mencakup wilayah Blok Leles, Blok Karang Dinding, Blok Panjak Roma, Blok Gibug, Blok Pangguyangan serta Blok BSB.

Hingga Kamis (4/10) pukul 18.00 WIB, api bergerak hingga kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK), berbatasan dengan Batu Luhur. Tim gabungan bersiap di Batuluhur untuk menjaga api supaya tidak menjalar melintas jalan raya ke arah bawah/ areal Pemulihan Ekosistem Pajaten (kerjasama dg JICS). (MC/PC)