0

Tim Gabungan Masih Lakukan Pemadam Api di Ciremai

  • 12 Oktober 2018 12:17

(Mounture.com) — Tim gabungan yang terdiri dari unsur petugas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), BPBD Kab. kuningan, dan masyarakat hingga Kamis (11/10) terus berupaya untuk memadamkan api yang membakar kawasan TNGC.

Upaya pemadaman dibagi dua tim, satu pemadaman langsung dan satu lagi pembuatan sekat bakar. Tim pemadam terdiri dari MPA Desa Seda sebanyak 25 orang, Desa Cibuntu 7 orang, Desa Bandorasa 5 orang, Desa Padabeunghar 9 orang dan tim Akar yang dipimpin Amalo dan Maman Mezik sebanyak 16 orang BPBD Kab. kuningan dan petugas TNGC langsung dikomandoi Kepala SPTN Wilayah I Kuningan.

TNGC dalam laman resminya tngciremai.com, menuliskan bahwa antisipasi dari petugas dan masyarakat pada titik-titik tertentu sudah dilakukan namun api tetap saja berkobar. Usaha tidak sampai berhenti disini, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono berkoordinasi dengan Direktur Jenderal KSDAE dan Direktur Jenderal PPI (Pengendalian Perubahan Iklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk meminta bantuan water bombing guna mematikan api yang lokasinya sulit dijangkau.

Ditjen PPI meneruskan permintaan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana permintaan terkait bantuan water bombing. “Sore ini akan dikirim Heli water bombing BNPB jenis Mi-8 untuk pemadaman api di Gunung Ciremai,” tulis TNGC. (MC/DC)