0

Sampai Malam ini Gunung Soputan Masih Alami Erupsi

(Mounture.com) — Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, terus mengalami erupsi sejak Rabu (3/10) pukul 08.47 WITA hingga malam ini.

Berdasarkan pantauan dari Magma Indonesia, teramati ketinggian kolom abu erupsi pada kisaran 4.000-6.000 meter di atas puncak (5.800-7.800 meter di atas permukaan laut). Aliran lava pijar pun teramati ke arah timur laut sejauh kurang lebih 2.500 meter dari puncak.

Dalam postingan di akun Twitter-nya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menuturkan sejak pagi hingga malam Gunung Soputan meletus keluarkan abu vulkanik setinggi 4.000-6.000 meter.

“Gunung Soputan terus meletus keluarkan lava pijar dan abu vulkanik. Status Siaga (level 3). Masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius 4 kilometer dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya 6,5 kilometer dari puncak untuk menghindari guguran lava maupun awan panas,” katanya. (MC/DC)

Foto: dok. IST