0

Peringati Hari Bumi, Astra Gelar Festival KBA

(dok. Astra)

(Mounture.com) — Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada setiap tanggal 22 April, Astra mengadakan Festival Kampung Berseri Astra (KBA) pada 27-28 April 2018 di Cibinong Science Center-Botanical Garden Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Dengan dihadiri lebih dari 1.400 peserta yang berasal dari 162 Sekolah Adiwiyata di 14 provinsi di Indonesia, Festival KBA diisi juga dengan berbagai aksi lingkungan seperti Jambore Adiwiyata, penanaman pohon buah langka, pentas seni lingkungan dan Jambore KBA yang dihadiri perwakilan dari 17 provinsi, antara lain KBA Padang yang memiliki keindahan alam pertanian dataran tinggi Solok, KBA Banjarmasin yang merupakan kampung proklim tingkat provinsi dan sedang menuju nasional.

Sementara KBA Tanon sedang mengembangkan kampung wisata menari. KBA Yogyakarta mengangkat program konservasi danau Kemuning dan sedang mengembangkan produk jagung. KBA Makassar sedang mengembangkan produk dari rotan. Lalu, KBA Enggros Papua memiliki wisata injil dan bahari.

Dalam hal penanaman pohon buah langka, Astra bekerjasama dengan LIPI untuk mengonservasikan buah langka Nusantara melalui Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa). Program ini bertujuan agar buah langka tidak punah melalui berbagai upaya seperti pengumpulan, pendataan, pembibitan dan penyebarluasan kembali bibit buah langka kepada masyarakat.

Sebagai tanda dimulainya kerjasama ini, Astra dan LIPI sekaligus meresmikan infrastruktur pembibitan Pranaraksa di Cibinong Science Center-Botanical Garden pada hari ini. (MC/AL)