Pasca Erupsi, Level Gunung Agung Masih Siaga

(Mounture.com) — Pasca mengalami erupsi Gunung Agung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan status Gunung Agung masih berada pada level III (Siaga). Kendati demikian, dalam taraf level tersebut, PVMBG menyebutkan bahwa erupsi dapat terjadi kapan saja.

Dalam keterangan resminya, Kamis (28/6) PVMBG menghimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki atau wisatawan supaya tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas di Zona Perkiraan Bahaya di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

“Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak,” ujar PVMBG dalam siaran pers di Denpasar, Bali, Kamis (28/6) malam.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa PVMBG melalui Pos Pengamatan Gunungapi Agung telah dan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait mitigasi bencana Gunungapi Agung.

“Informasi aktivitas Gunung Agung senantiasa diperbarui setiap enam jam dan jika masyarakat membutuhkan informasi lebih spesifik, dapat menghubungi Pos Pengamatan Gunungapi Agung yang berada di Rendang maupun di Batulompeh,” sebut pihak PVMBG. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/@lpalmer11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.