0

Jalur Pendakian Gunung Merapi via Sapuangin Ditutup Sementara

(dok. Instagram/@btngunungmerapi)

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) mengumumkan penutupan sementara jalur pendakian Gunung Merapi melalui Sapuangin mulai tanggal 5-10 April 2018. Adapun penutupan jalur pendakian ini dilakukan karena akan berlangsungnya acara Merapi Birdwatching Competition (MBWC) 2018.

Dalam akun Instagram resminya @btngunungmerapi, disebutkan bahwa terkait dengan pelaksanaan Merapi Birdwatching Competition (MBWC) 2018 yang dilaksanakan di jalur pendakian Sapuangin Klaten, maka dilakukan penutupan sementara tanggal 5-10 April 2018.

Kendati demikian, pihak BTNGM pun mengkonfirmasi bahwa jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Merapi untuk saat ini jalur New Selo masih tetap dibuka. “Untuk pendakian ke Gunung Merapi hanya dizinkan sampai pasar Bubrah, ke puncak tidak diizinkan,” sebut pihak BTNGM.

Seperti diketahui, event MBWC yang digelar setiap dua tahun ini akan dimulai pada 6-8 April 2018. Event ini merupakan lomba pengamatan burung yang biasanya diikuti oleh komunitas pengamat burung seluruh Indonesia. MBWC tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-5 dan sebelumnya ajang ini digelar di Kaliurang, Kab Sleman, Yogyakarta. (MC/AL)