0

Jalur Pendakian Gunung Merapi Masih Ditutup

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) mengumumkan bahwa jalur pendakian Gunung Merapi baik melalui Selo atau Sapuangin masih ditutup. Hal ini tertuang dalam surat edaran bernomor PG15/BTNGM/Ren/2018 tertanggal 26 Desember 2018 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Ammy Nurwati.

Dalam surat edaran tersebut disampaikan dua poin pengumuman diantaranya poin pertama, surat edaran Kepala Balai TNGM nomor: SE.04/BTNGM/TU/Ren/05/2018 tentang Penutupan Objek Wisata di kawasan TNGM bahwa jalur pendakian via Sapuangin dan Selo ditutup.

Adapun poin kedua dijelaskan, evaluasi data pemantauan instrumental dan visual yang dilakukan BPPTKG per tanggal 14-20 Desember 2018, status aktivitas Gunung Merapi saat ini dalam tingkat Waspada maka, Balai TNGM tetap melakukan penutupan jalur pendakian dalam pergantian tahun 2019, kemudian agar tidak melakukan pelanggaran terhadap larangan pendakian di Gunung Merapi.

“Sobat Merapi, pendakian Merapi melalui jalur Sapuangin maupun New Selo masih ditutup ya. Juga tidak diperkenankan adanya kegiatan di pasar bubrah selama masa penutupan ini. Jadi untuk pendakian dan berkegiatan di pasar bubrah menjelang pergantian tahun baru 2019 juga tidak diperkenankan,” tulis akun resmi instagram @btngunungmerapi, Kamis (27/12) malam. (MC/DC)

Foto: dok. BTNGM