0

Ini Jawaban Balai TN Gunung Merapi Terkait Monyet Ekor Panjang

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengumumkan bahwa monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang berada di lahan masyarakat belakang kantor Balai TN Gunung Merapi bukanlah indikasi reaksi satwa terhadap peningkatan aktivitas merapi.

Hal ini menjawab informasi yang beredar di masyarakat terkait hadirnya monyet ekor panjang tersebut yang disangka sebagai akibat pergerakan satwa dari kawasan TN Gunung Merapi.

Balai TNGM dalam keterangannya menyebutkan bahwa berdasarkan hasil pemantauan dan pengumpulan informasi dari warga sekitar dan anggota SAR di Pos Aju Kalikuning menyimpulkan lima poin diantaranya yakni pertama, monyet yang dijumpai adalah bagian kelompok monyet yang habitatnya di bantaran Kali Kuning di luar kawasan TNGM.

Kedua, lokasi titik perjumpaan, merupakan homerange (daerah jelajah) kelompok monyet dari bantaran Kalikuning tersebut. Ketiga, masyarakat seringkali dan sudah biasa menjumpai monyet tersebut, bahkan ketika status Gunung Merapi normal.

Keempat, Balai TN Gunung Merapi menyimpulkan bahwa monyet yang dijumpai tersebut belum bisa dijadikan indikasi reaksi satwa terhadap peningkatan aktivitas merapi. Dan terakhir, jika terindikasi ada pergerakan satwa dari kawasan TN Gunung Merapi akan disampaikan lebih lanjut.

Adapun Balai TNGM meminta kepada masyarakat agar menyampaikan informasi terkait pergerakan satwa dari kawasan TN Gunung Merapi kepada Call Center 081327691368, atau Instagram: @btngunungmerapi, twitter: btngunungmerapi dan Facebook: Taman Nasional Merapi. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/@btngunungmerapi