0

Gunung Gamalama Erupsi, Keluarkan Asap Putih Setinggi 250 Meter

(Mounture) — Setelah sebelumnya Gunung Soputan, kali ini erupsi melanda Gunung api Gamalama yang terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara. Gunung yang memiliki tinggi 1.715 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu meletus pada Kamis (4/10) pada pukul 11.52 WIT.

Adapun letusan dari gunung itu mengeluarkan asap berwarna putih kelabu dengan ketinggian mencapai 250 meter dari puncak awal serta abu vulkaniknya terbawa angin menuju ke arah barat laut di wilayah Kecamatan Ternate dan Pulau Ternate.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane, menuturkan status gunung masih tetap waspada tingkat II. Pihaknya masih terus mengamati perkembangan aktivitas vulkanik gunung tersebut.

Menurut dia, Gamalama didominasi gas hidrotermal sehingga statusnya belum perlu dinaikkan. Dia pun mengatakan, perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Gamalama sudah menunjukkan peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik sekitar pukul 10.00 WIT hingga letusan terjadi pada pukul 11.52 WIT. “Belum dapat diprediksi lagi kapan gunung akan kembali meletus,” ucapnya seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemantauan akan ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan kegempaan menyusul letusan minor ini. Warga Ternate diminta untuk tenang dan tidak mudah percaya dengan informasi dari sumber yang tidak jelas dengan tujuan menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Kami akan terus menyampaikan informasi mengenai perkembangan gunung api Gamalama dan kalau masyarakat ingin mendapatkan informasi mengenai aktivitas Gunung Gamalama dapat menghubungi Pos Pemantau Gunung Api Gamalama,” kata Darno.

Dia juga menghimbau masyarakat di sekitar Gunung Gamalama dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 kilometer dari kawah puncak gunung itu. Begitu pula, pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar. (MC/DC)

Foto: Instagram/@indrasandyten

Sumber: Antara

https://www.instagram.com/p/Bofy6U2AL3q/?tagged=gamalama