0

Ada Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Sementara

  • 20 Juni 2018 17:27

(Mounture.com) — Jalur pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu dan Candi Cetho ditutup sementara dikarenakan adanya kebakaran hutan. Penutupan jalur pendakian tersebut terhitung mulai Rabu (20/6) sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

“Kita telah koordinasi dengan pihak Perhutani untuk menutup sementara jalur pendakian, mengingat sangat rawan merembet ke wilayah Magetan, Jatim,” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra seperti dikutip dari detikcom, Rabu (20/6).

Dia menambahkan kendati kebakaran terjadi di wilayah hutan di Karanganyar, potensi asap bisa terbawa ke pendakian lewat jalur Cemoro Sewu Magetan. Pihaknya pun telah mengerahkan tim relawan SAR untuk memantau situasi pendakian. Bahkan jika memungkinkan mereka siap bila diperlukan tindakan evakuasi kepada para pendaki.

“Kita telah libatkan relawan Tim SAR berjumlah sekitar 20-an untuk memantau wilayah jalur pendakian. Jika dimungkinkan kita evakuasi pendaki. Tapi kita belum tahu berapa jumlah pasti pendaki yang sudah naik dari Magetan, tapi lebih banyak dari Karanganyar, Jateng,” katanya.

Menurut Fery, pintu jalur pendakian Cemoro Sewu tepat berada di perbatasan antara Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pendakian Cemoro Sewu sendiri masuk ke dalam wilayah Kecamatan Plaosan dan berada di pinggir ruas jalan jalur propinsi.

Sebelumnya pihak basecamp Candi Cetho, menuturkan bahwa telah terjadi kebakaran di Puncak Tiling via Candi Cetho pada 19 Juni 2018 pukul 18.18 WIB.  Untuk saat ini masih dalam penanganan relawan untuk menyisir para pendaki untuk segera turun atau melarang pendakian.

“Untuk pendakian tutup sampai batas yang di tentukan. Untuk kondisi api meluas. Semoga bisa segera di padamkan,” terang Anggoro dari basecamp Cetho dalam pesan singkat whatsapp. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/@moch_rudi_alfianto